Kabar Jawa Tengah | Members area : Register | Sign in

Tampung Kepentingan Petani, HKTI Bentuk Asosiasi

08 October 2010

Share this history on :
Kajen, Kabar JATENG. Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Pekalongan membentuk sejumlah asosiasi untuk menampung kepentingan petani. Ketua HKTI, Drs H M Rifa'i usai halal bi halal dan Raker HKTI Periode 2010-2015 di Limbangan, Karanganyar, menyebutkan, asosiasi yang dibentuk antara lain asosiasi di bidang ketahanan pangan, peternakan, budidaya tanaman bibit, dan asosiasi bidang sarana dan prasarana produksi pertanian.

Setelah asosiasi terbentuk, petani mendapatkan pembinaan yang intensif dan kepentingan petani bisa terwadahi. HKTI sendiri, jelas dia, merupakan induk dari asosiasi tersebut. Halal bi halal dan raker kemarin dihadiri Bupati Pekalongan Dra Hj Siti Qomariyah MA dan sejumlah SKPD terkait. Dalam sambutannya bupati meminta agar HKTI meningkatkan pengelolaan organisasinya.

Rifa'i menanggapi harapan bupati mengatakan, akan berupaya meningkatkan pengelolaan HKTI. Pembentukan asosiasi merupakan salah satu upaya yang akan ditempuh pihaknya. "Asosiasi bisa dijadikan sebagai koperasi yang bisa membantu permodalan petani," imbuh dia.

HKTI sudah memulai program dengan pembentukan asosiasi dan berhasil menjalin kerja sama dengan bank untuk penyaluran modal bagi peternak sapi. "Yang dibutuhkan petani saat ini bukan bantuan bibit, pupuk atau sarana prasana pertanian lainnya, namun lebih membutuhkan modal untuk menanam, menunda jual hasil panen dan lain sebagainya," ujar dia.

No comments:

Post a Comment