Kabar Jawa Tengah | Members area : Register | Sign in

Kembangkan Kambing PE dengan Koperasi

08 October 2010

Share this history on :
Magelang - Kabar JATENG. Guna meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak kambing jenis Peranakan Etawa (PE) di Kabupaten Magelang, pemerintah setempat melalui Dinas Perindustrian, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendorong mereka agar membentuk koperasi. Karena jika telah memiliki koperasi yang berbadan hukum, pemerintah akan lebih mudah membinanya.

Kepala Disperinkop dan UMKM Kabupaten Magelang Drs H Edy Susanto di kantornya, baru-baru ini mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir perkembangan pembudidayaan Kambing PE di wilayahnya meningkat pesat. Salah satu buktinya, Kelompok Tani Ternak Kambing Sari Makmur Dusun Miriombo Kulon Desa Giripurno Borobudur, berhasil menjadi yang terbaik di Provinsi Jawa Tengah dan menjadi tujuh besar tingkat nasional tahun 2010. "Ini pencapaian yang luar biasa. Karena meski baru dikembangkan pada awal 2000-an, tapi sudah bisa masuk tujuh besar nasional," katanya.

Selain Kelomnak Sari Makmur, kata Edy, sebenarnya banyak kelomnak kambing jenis ini sudah berdiri. Karena itu ia berharap petani dan peternak segera membuat koperasi.
Selain mendorong koperasi, pihaknya juga berencana membuat pasar kambing PE.

2 comments:

Post a Comment