Kabar Jawa Tengah | Members area : Register | Sign in

Pelabuhan Kendal Segera Dikembangkan, Fungsi Tanjung Emas Terancam

07 October 2010

Share this history on :
Kendal - KabarJATENG. Gubernur Jateng H Bibit Waluyo mengatakan, akan segera melakukan pembangunan pengembangan Pelabuhan Kendal. Hal ini dilakukan karena Pemprov Jateng menilai, keberadaan pelabuhan Tanjung Emas Semarang sudah tidak mungkin lagi dikembangkan, sehingga harus ada alternatif lain yaitu pengembangan pelabuhan Kendal yang lokasinya tidak jauh dari pelabuhan Tanjung Emas.

Menurut Bibit Waluyo, sangat mungkin ke depan pelabuhan Kendal bisa menggeser peran dan fungsi pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Tanjung Emas sulit dikembangkan, karena keterbatasan lahan yang ada.

”Dengan kenyataan tersebut, pelabuhan Kendal yang semula hanya direncanakan sebagai pelabuhan cadangan dari pelabuhan Tanjung Emas, ke depan harus siap untuk dijadikan sebagai pelabuhan alternatif. Apalagi sudah ada investor asing yang tertarik untuk mengembangkan pelabuhan Kendal untuk menggantikan Tanjung Emas,î tutur gubernur di depan wartawan, kemarin.

Bupati Kendal Widya Kandi Susanti di Semarang mengatakan, pengembangan pelabuhan Kendal membutuhkan dana besar yang tidak mungkin bisa dipenuhi melalui APBD Kendal. Jika pelabuhan Kendal akan dikembangkan harus ada dukungan anggaran dari pemerintah pusat dan provinsi, khususnya untuk membangun perpanjangan pemecah gelombang dan pengerukan dasar pelabuhan.

Pembangunan perpanjangan pemecah gelombang sepanjang sekitar 270 meter, membutuhkan anggaran Rp 35 miliar dan proyek pengerukan berkisar Rp 12 miliar. Pemecah gelombang menjadi prioritas, karena juga berfungsi untuk mengurangi tingkat sedimentasi di pelabuhan Kendal yang cukup tinggi yang mengakibatkan pelabuhan cepat mengalami pendangkalan.

Dengan adanya dukungan pendanaan dari pemerintah pusat dan provinsi Jateng, proses pembangunan pelabuhan Kendal yang direncanakan menjadi pelabuhan angkutan penumpang antarpulau, sudah bisa difungsikan 2011 mendatang.

No comments:

Post a Comment