Kabar Jawa Tengah | Members area : Register | Sign in

Empat Pelaku Curas Dibekuk

06 October 2010

Share this history on :

Sukoharjo, Kabar Jawa Tengah. Empat pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) berhasil dibekuk Polres Sukoharjo. Satu diantaranya terpaksa ditembak petugas pada kaki kanannya lantaran berusaha kabur.

Empat pelaku yang berhasil ditangkap yakni WD, KR, DN, dan PN yang terpaksa ditembak saat penyergapan di kawasan Boyolali. Sukses penangkapan itu juga merupakan target pelaksanaan operasi khusus sikat candi 2010 yang diselenggarakan sejak tanggal 1-25 Oktober nanti.

Hingga kini, jajaran Polres Sukoharjo masih melakukan pengembangan terhadap komplotan pelaku curas dengan membidik tiga tersangka lain yang saat ini masih buron.

"Dari pengakuan tersangka, mereka beraksi di 24 tempat dan 21 diantaranya di wilayah Sukoharjo sedangkan tiga lainya di daerah lain seperti Boyolali," kata Kasatreskrim Polres Sukoharjo AKP Sukiyono, Rabu (6/10).

Dikatakan, dari 21 tempat yang dijadikan sasaran tindak kejahatan, empat tersangka sering mencari sasaran paling banyak di wilayah Kartasura, Gatak, Baki dan Grogol. Menurutnya, modus yang dilakukan dengan memepet pengendara sepeda motor dan langsung meminta harta benda korban atau mengalungkan celurit.

Dari penangkapan itu, petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Yaitu, tiga unit sepeda motor Suzuki Shogun AD 2008 HD, Honda Supra AD 4851 LB, dan Dayang AD 5893 DP. Selain itu juga dua buah HP, tas dan satu buah celurit.

Selama diperiksa petugas, tersangka mengakui sering mencari sasaran orang yang berada di lokasi sepi seperti area persawahan. Sebab, di tempat tersebut banyak dikunjungi warga untuk berpacaran.

Harta benda tersebut selanjutnya dijual pada orang tertentu untuk mendapatkan uang. Dari sini petugas kemudian melakukan pengembangan dan menemukan komplotan penadah.

Lebih lanjut, pihaknya berharap kepada warga agar berhati-hati dan selalu waspada. khususnya saat melintas di tempat sepi. Itu karena masih terdapat beberapa pelaku lain menjadi target berikutnya.

No comments:

Post a Comment