Kabar Jawa Tengah | Members area : Register | Sign in

Dua Nelayan Jepara Ditemukan Selamat

05 October 2010

Share this history on :
KABARJATENG.COM - Anggota Tim SAR Jepara, Jawa Tengah Muhammad Zaenudin menyatakan bahwa dua nelayan asal Desa Bumiharjo, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Selasa berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

"Keduanya ditemukan selamat di Pantai Sikucing Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, setelah sempat dilaporkan hilang sejak Jumat (1/10)," katanya di Jepara.

Menurut Muhammad Zaenudin, kedua nelayan yang ditemukan selamat itu, adalah Jumono (30) warga Desa Bumiharjo dan rekannya Muhsin (40) warga Tambaklorok, Semarang.

Penyebab kedua nelayan tersebut terdampar di lautan, katanya, karena adanya kerusakan pada mesin perahu hingga akhirnya terbawa ombak hingga ke perairan Kendal.

"Kami sempat melakukan pencarian, tetapi tidak membuahkan hasil," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, pihaknya mendapatkan informasi penemuan kedua nelayan tersebut oleh nelayan di Kendal saat mencari ikan di perairan tersebut, Selasa siang.

"Kemudian kedua nelayan itu beserta perahunya ditarik ke Pantai Sikucing, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal," ujarnya.

Sebelumnya, kata dia, kedua nelayan tersebut dinyatakan hilang saat melaut di sekitar Pulau Mandalika pada Jumat (1/10) sekitar pukul 16.00 WIB, untuk mencari ikan.

"Setelah ditunggu keluarga hingga beberapa hari, kedua nelayan tersebut akhirnya dilaporkan hilang," ujarnya.

Upaya pencarian tidak hanya dilakukan oleh tim SAR Jepara, melainkan sejumlah nelayan setempat di sekitar perairan Jepara dan Pulau Mandalika juga ikut membantu pencarian.

"Hilangnya dua nelayan ini juga kami informasikan ke Kabupaten Batang, Tegal, Brebes dan Karimunjawa. Saat ini, kedua nelayan tersebut segera diantarkan kembali ke rumahnya," ujarnya. s

No comments:

Post a Comment